Headlines News :
Home » » Fakta Tentang Tidur yang Harus Diketahui

Fakta Tentang Tidur yang Harus Diketahui

Written By Pandi Daud on Selasa, 19 Februari 2013 | 05.13

Di zaman yang serba sibuk ini, masyarakat modern sering mengabaikan waktu tidurnya. Secara alamiah, seharusnya kita akan tidur 7-8 jam setiap malamnya. Namun detak kehidupan modern telah mengganggu waktu tidur tersebut.

Masyarakat terbiasa terpapar cahaya terang dan saling terhubung 24 jam tanpa henti. Bola lampu, listrik, komputer, internet, hingga ponsel pintar adalah temuan-temuan manusia yang mengganggu kebiasaan tidur kita.

Jika tiap hari jam tidur kita kurang, maka pasti akan berpengaruh pada kesehatan karena tidur merupakan obat terbaik bagi manusia sekaligus meregenerasi tubuh setelah terpapar racun seharian. Berikut ini merupakan fakta tidur yang wajib diketahui:

1. Kurang tidur bikin gemuk
Ya, kurang tidur akan membuat kita gemuk. Mengapa? karena mengantuk ternyata membuat sistem metabolisme kita terganggu. Hormon-hormon yang mengatur nafsu makan berubah keseimbangannya hingga kita cenderung lapar. Celakanya, secara otomatis kita mencari makanan yang manis dan asin. Ya, itu berarti kita bernafsu untuk menikmati makanan yang instan seperti junk-food.

2. Tidur adalah vitamin otak yang sesungguhnya.
Kemampuan otak sangat dipengaruhi oleh tidur. Kecerdasan, daya ingat, konsentrasi, ketelitian, kreativitas, hingga kemampuan untuk menghitung dengan cepat hanya dibangun saat tidur. Proses tidur yang kompleks menentukan kualitas manusia. Mau tingkatkan produktivitas? Cobalah Tidurlah yang berkualitas.

3. Wanita yang cukup istirahat adalah wanita yang bahagia.
Kurang tidur membuat wanita kurang bahagia. Kurang tidur dianggap lebih mengganggu dibandingkan faktor-faktor lain yang menyebabkan stres dan depresi. Salah satu kunci pernikahan yang bahagia adalah wanita yang cukup tidur.

4. Kurang tidur berhubungan dengan kanker.
Wanita yang tidur kurang dari 7 jam tiap harinya mempunyai risiko 47 persen lebih tinggi untuk menderita kanker, meskipun ia orang yang sehat, menjaga diet, dan berolahraga rutin. Bandingkan dengan wanita buta. Risiko mereka mengalami kanker lebih rendah 50 persen. Karena paparan cahaya yang terbatas, tidur mereka pun lebih panjang dan teratur. Kadar hormon melatonin mereka pun didapati lebih tinggi, sedangkan estrogen lebih rendah.

5. Tidur adalah salah satu sains yang terbaru.
Hingga tahun 50-an saat tidur dianggap sebagai saat tak aktif, tak ada yang terjadi saat tidur. Dokter pun beranggapan bahwa saat tidur adalah saat yang aman karena pasiennya tampak tidur damai, bebas dari rasa sakit. Tapi, kenyataannya tidak demikian. Sejak ditemukannya tidur rapid eye movements (REM), kita tahu bahwa gelombang otak tidur bisa sangat aktif seperti saat kita terjaga. Demikian juga dengan sumber penyakit. Ternyata terdapat beberapa sumber penyakit yang disebabkan oleh berbagai penyakit tidur.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pandi Cktc - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya