Headlines News :
Home » » Sering Cegukan? coba dengan cara ini

Sering Cegukan? coba dengan cara ini

Written By Pandi Daud on Selasa, 19 Februari 2013 | 05.22

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Selain terjadi tiba-tiba, cegukan yang tak bisa berhenti bisa membuat jengkel. Seseorang kadang bisa sampai stres jika cegukan yang dialaminya tak kunjung hilang atau berhenti.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi diafragma yang kemudian membuat pita suara mengejang. Kontraksi ini bisa terjadi karena makan terlalu banyak dan minum minuman bersoda. Makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas seperti cabai, lada atau makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari 1 menit.

Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot yang memicu cegukan. Selain itu stres dan perubahan suhu yang mendadak juga bisa menyebabkan cegukan.

Bagaimana cara menghentikan cegukan? Ada beberapa cara yang sampai saat ini dipercaya bisa menghentikan cegukan antara lain:

1. Minum air putih
Salah satu cara yang ampuh untuk menghentikan cegukan adalah dengan minum air putih. Cara minum bisa berbeda-beda boleh minum melalui sedotan, minum segelas air tanpa henti atau minum air sambil menutup hidung dan menengadah ke atas. Dengan menelan air, secara tak sengaja napas kita akan berubah. Ini bisa mempengaruhi cara kerja diafragma sehingga dapat menghentikan cegukan.

2. Bernapas
Ada banyak teknik bernapas yang diklaim mampu meredakan cegukan. Mulai dari menahan napas, mengambil napas dalam, atau menahan napas sambil menutup telinga. Menahan napas bisa memberikan sinyal pada otak untuk menghentikan kontraksi diafragma. Hal ini kemungkinan karena bernapas mengganggu impuls saraf dari otak ke diafragma sehingga menghentikan cegukan. Sedikit karbon dioksida tambahan juga bisa membantu membuat diafragma lebih santai.

3. Makan sesuatu
Ada yang bilang cegukan hilang dengan makan satu sendok teh gula pasir, sesendok selai kacang atau es krim. Lemon yang dilapisi gula juga disebut mampu meredakan cegukan. Namun sebenarnya tidak ada kemungkinan spesifik dari cara ini, hanya saja cara ini mirip seperti minum yang mana makan berpotensi mempengaruhi napas sehingga mengganggu diafragma untuk menghentikan cegukan.

4. Menjulurkan lidah ke luar
Saat seseorang menjulurkan atau menarik lidah keluar maka hal ini menstimulasi bagian dari tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung atau disebut dengan nasofaring dan membuka bagian antara pita suara sehingga memberikan bantuan.

5. Merasa Kaget

Ketika seseorang tak sengaja dikagetkan ada kemungkinan mengubah siklus pernapasan. Mintalah seseorang untuk membantu mengagetkan kita. Merasa terkejut akan mengubah siklus napas. Selain itu, mental yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.

6. Pengalihan perhatian
Mengalihkan perhatian secara fisik diketahui mampu meredakan cegukan dengan sendirinya. Cobalah untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga menimbulkan sensasi rasa sakit. Hal ini dipercaya dapat mengalihkan perhatian dari sistem saraf terhadap cegukan menjadi sensasi rasa sakit ditangan tersebut. Beberapa ada juga yang menampar atau mencubit diri sendiri.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pandi Cktc - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya