Headlines News :
Home » » Waspada Gorengan Renyah Diduga Mengandung Plastik

Waspada Gorengan Renyah Diduga Mengandung Plastik

Written By Pandi Daud on Senin, 11 Februari 2013 | 23.22

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara meminta konsumen mewaspadai pangan gorengan seperti pisang, tempe dan lainnya yang diproduksi pedagang kecil di Kota Manado, karena diduga mengandung plastik.

"Dugaan adanya pangan gorengan mengandung plastik, salah satunya dapat diketahui dari bentuk bahan pangan goreng yang tetap renyah kendati sudah berjam-jam dimasak," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Rabu.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Disperindag Sulut, Arnold Kindangen mengatakan, sudah menerima informasi dari masyarakat tentang kemungkinan pangan gorengan mengandung plastik.

"Informasi masyarakat, saat menggunakan minyak goreng ada pedagang yang sengaja memasukkan dalam wajan, bukan hanya minyak goreng, tetapi juga kemasan plastiknya, ini mereka lakukan sebagai jalan pintas mempercepat menuangkan minyak," kata Arnold.

Bahan plastik, kata Arnold sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena produk ini tidak terurai, sehingga dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Konsumen di Manado meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan pengujian kandungan berbahaya terhadap produk pangan gorengan yang dijual pedagang.

"BPOM supaya mengambil sampel produk gorengan yang dijual pedagang, karena selama ini terlihat masih kurang optimal," kata Johny, seorang konsumen di Manado.

Sebagai konsumen, Anda harus waspada. Walaupun temuan ini baru dilaporkan di Manado, tidak menutup kemungkinan terjadi juga di berbagai daerah lain di Indonesia.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pandi Cktc - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya