Headlines News :
Home » » 6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Written By Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 19.32

Maag adalah gangguan lambung yang banyak diderita di Indonesia, terutama wanita. Rasa kembung, perih, mual dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung dan ulu hati membuat aktivitas terganggu.

Penyebab Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang terjadi karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penyebab gangguan ini adalah mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak, stres, pola makan tidak teratur, mengonsumsi alkohol, kurang tidur dan sebagainya.

Penderita maag digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai tingkat parah tidaknya maag, ada maag ringan, maag sedang, maag kronis bahkan menyebabkan kanker lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya maag adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Dengan demikian, diharapkan maag tidak mudah kambuh, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas

Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pandi Cktc - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya