Headlines News :
Home » » Dag-Dig-Dug Saat Presentasi?Coba Tips Ini.

Dag-Dig-Dug Saat Presentasi?Coba Tips Ini.

Written By Pandi Daud on Selasa, 19 Februari 2013 | 06.02

Mungkin ketika teman kita presentasi di depan kelas tentang tugas yang diberikan dan terjadi kesalahan saat presentasi, kita akan tertawa. Namun hal itu bisa juga terjadi pada diri kita. Saat maju untuk presentasikan tugas jika tidak biasa, pasti perasaan akan berdebar-debar, serta merasa gugup dan panik. Hal ini sebenarnya adalah kondisi yang lumrah. Semakin sering kita melakukan presentasi maka rasa gugup dan panik akan dapat dikendalikan.

Jika kita masih belum sepenuhnya percaya diri, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat ditanamkan dalam diri untuk mempersiapkan mental ketika mendapatkan tugas mempresentasikan di kelas atau di tempat kerja.

1. Berbicara di depan untuk presentasi bukan hal yang sangat menegangkan
Bumi tidak akan gempa ketika kita gagal dalam berbicara di depan public. Selalu ada first time untuk setiap hal. Jadi, tenang dan santai saja. Jika gagal, jadikan motivasi untuk tampil lebih baik pada kesempatan berikutnya.

2. Tidak perlu menjadi pribadi yang sempurna untuk bicara di depan publik.
Cukup kuasai dengan baik materi yang ingin di sampaikan dan sampaikan dengan tepat dan jelas materi tersebut kepada audiens.

3. Siapkan 2-3 poin pembicaraan atau pertanyaan
Hal ini bertujuan agar publik dalam hal ini rekan kerja, teman sekolah, maupun guru dapat memahami dengan benar dan jelas informasi yang kita sampaikan. Sebab publik akan kesulitan mengingat atau memperhatikan lebih dari tiga hal dalam satu waktu.

4. Sasaran dan tujuan yang di presentasikan searah dengan publik
Sejak awal, Anda harus mengetahui sasaran dari penyampaian materi tersebut. Dengan demikian, pembicaraan Anda tetap fokus dan terarah sehingga memudahkan audiens untuk mengerti.

5. Tidak perlu menyamakan diri dengan pembicara publikyang sudah terkenal
Ingat, tujuan terpenting menjadi pembicara adalah untuk menyampaikan pesan kepada seluruh audiens dan mereka mengerti dengan baik apa yang Anda sampaikan.

6. Tidak perlu mengharapkan semua publik dikuasai saat presentasi
Biarkan saja jika ada beberapa orang yang tidak menaruh perhatian pada presentasi yang kita bawakan. Cukup fokuskan perhatian kepada mereka yang memang tertarik mendengarkan pembicaraan kita.

7. Ingatlah banyak orang yang berharap kita berhasil
Saat melakukan presentasi, rekan satu tim maupun guru atau atasan yang hadir di situ selalu berharap kita berhasil menyampaikan materi tersebut. Sebab, keberhasilan kita tentu akan membuat mereka bangga dan meningkatkan nilai tersendiri.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pandi Cktc - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya